Rabu, 24 Maret 2010

ABT Surabaya 2009 (16-17/5) : Eksploitasi Gaya Sporty All New Civic

Penampilan asli dari pabrikan yang mengusung gaya sporty nampaknya telah membuat Andre Budi Kusuma benar-benar kesengsem dan jatuh hati. Ini terbukti dari konsep modifikasi yang diandalkan pada mobil yang diproduksi tahun 2007 ini dalam event Djarum Black Autoblackthrough 2009 (16-17/5) di Surabaya. Sedan berkelir hitam ini dibangun sebagai penegasan gaya racing yang terkandung didalamnya serta berjiwa muda. Seperti dijelaskan sang owner, "Saya memilih Honda Civic karena modelnya yang lebih mendekati 'anak muda'," ujarnya.

Sedikit lebih mudah untuk membangun eksterior sang sedan asal negeri Sakura tersebut. Cukup dengan pengadopsian bodi kit hasil produksi Ings. Sedangkan gril serta aksen wing yang melekat di atas kap bagasi lebih dipercayakan pada produk Type R. Sebagai penjelas makna sporty, kap mesin pun dirombak habis dan diganti dengan carbon kevlar, ini berfungsi juga untuk mengurangi bobot kendaraan. Serta produk dari Mugen dipilih untuk menempati posisi talang air. Selain penambahan-penambahan, warna asli tetap dipertahankan membalut keseluruhan bodinya.

Perubahan pada velg ring 18 dipadu dengan ban profil 35. "Maksudnya pengaplikasian perangkat roda ini, agar tema racing dapat terlihat jelas," demikian ujar mahasiswa jurusan Akuntansi ini. Suspensi cenderung dibuat lebih rendah agar dapat kesan ceper, maka dipilihlah SSR sebagai pengganti suspensi standar pabrik. Penggantian part tersebut berguna untuk menunjang handling dan manuver mobil menjadi lebih baik. Penambahan lain yakni strut bar di tampak depan, samping hingga ke sektor buritan.


Masih merasa cukup puas dengan spesifikasi mesin yang dibekali oleh pabrikan. Maka tak pada sisi ini tidak banyak terjadi perubahan. Hanya untuk menunjang performanya perangkat exhaust header milik Wood Engineering turut diadopsi, guna melengkapi aksinya dalam pameran Autoblackthrough. Sementara dari header sampai ke silincer full set custom, air filter diganti dengan Simota. Perubahan yang dirasakan dengan pengadopsian perangkat exhaust ini, berupa penggunaan bahan bakar tidak harus Pertamax karena tenaga yang diproduksi sudah cukup terdongkrak.

Bagian interior juga mendapat sentuhan elegan melalui pemakaian kulit membungkus jok aslinya. Shift knob dan pedal menggunakan barang racing dari Mugen. Audio merupakan hal tidak tertinggal dari modifikasi Civic tersebut. Bersistem three way dengan split speaker lansiran RS Pro. Mid range berasal dari piranti Beryllium dan head unit sendiri mengandalkan dari Sony 2001 ditunjang oleh processor Alpine 701 yang berfungsi juga sebagai kontrol CD changer Nakamichi 100 MB. Sementara power dipercayakan pada dua buah Audi Sound untuk depan dan satu lagi untuk di belakang, selanjutnya subwoofer memakai Max Dabby. [nus/timABT]

0 komentar:

Posting Komentar